Mad Farqi

1:18 PM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Mad Farqi - Mad Farqi adalah mad yang terjadi dari pertemuan antara Mad Badal dan Huruf Bertasyid. Durasi Mad Farqi adalah 6 kharokat. Kasus mad ini hanya terjadi di 4 tempat dalam Al-quran, yaitu pada :

  • Surat Al-An’am (6) ayat 143 -144,
  • Surat Yunus (10) ayat 59 dan
  • Surat An-Naml (27) ayat 59.

Berikut ini adalah Mad Farqi (perhatikan tampilan berwarna merah) :



Apabila diasumsikan panjang Mad Farqi adalah 6 ketukan, maka cara membaca Mad Farqi  adalah sebagai berikut :

Panjang bacaan Mad Farqi pada “aaaaaadz” adalah 6 ketukan, yaitu dari  ketukan ke-3 hingga ketukan ke-8. Karena itu, praktek pembacaan Mad Farqi adalah :



Ketukan ke-3 berbunyi “a”.  Pertahankan bunyi “a” hingga ketukan ke-8. Pada ketukan ke-8, bunyi huruf tasydid setelahnya (dzal)  terbawa. Yang terdengar panjang adalah suara “a”-nya. Kira-kira, kalau satu huruf  “a” mewakili satu ketukan, bunyi lengkap Mad Farqi  adalah “Qul aaaaaadzakaraini”. Bunyi vokal “a” dari ketukan ke-3 hingga bunyi “dz” pada ketukan ke-8  TIDAK BOLEH TERPUTUS.

Ketukan ke-3 berbunyi “a”.  Pertahankan bunyi “a” hingga ketukan ke-8. Pada ketukan ke-8, bunyi huruf tasydid setelahnya (lam)  terbawa. Yang terdengar panjang adalah suara “a”-nya. Kira-kira, kalau satu huruf  “a” mewakili satu ketukan, bunyi lengkap Mad Farqi  adalah “Qul  aaaaaalloohu”. Bunyi vokal “a” dari ketukan ke-3 hingga bunyi “l” pada ketukan ke-8  TIDAK BOLEH TERPUTUS.(Belajar Tajwid)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

Previous
Next Post »