Mad Lazim Kalimi Mutsaqol

1:40 PM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Mad Lazim Kalimi Mutsaqol - Mad Lazim Kalimi Mutsaqol adalah Mad yang terjadi dari Mad Thobi’i yang diikuti oleh huruf bertasydid, dimana keduanya masih berada pada satu kata. Bila tanda tasydid berada di lain kata, maka tidak terjadi mad. Durasi Mad Lazim Kalimi Mutsaqol adalah 6 harokat.


  • Disebut Mad Lazim karena mesti dibaca panjang.
  • Dinamakan Kalimi karena mad itu terjadi pada kata.
  • Dinamakan Mutsaqqal karena berat mengucapkannya.


Berikut ini adalah contoh  Mad Lazim Kalimi Mutsaqol  (perhatikan tampilan berwarna merah)


Apabila diasumsikan panjang Mad Lazim Kalimi Mutsaqol adalah 6 ketukan, maka cara membaca Mad Lazim Kalimi Mutsaqol  adalah sebagai berikut:



Panjang bacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqol pada “dloooooolliina” adalah 6 ketukan, yaitu dari  ketukan ke-4 hingga ketukan ke-9. Karena itu, praktek pembacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqol  adalah :

Ketukan ke-4 berbunyi “dlo”.  Pertahankan bunyi “o” hingga ketukan ke-9. Pada ketukan ke-9, bunyi huruf tasydid setelahnya (lam)  terbawa. Yang terdengar panjang adalah suara “o”-nya. Kira-kira, kalau satu huruf  “o” mewakili satu ketukan, bunyi lengkap Mad Lazim Kalimi Mutsaqol adalah : “waladldloooooolliina”.   Bunyi vokal “o” dari ketukan ke-4 hingga bunyi “l” pada ketukan ke-9  TIDAK BOLEH TERPUTUS.(Belajar Tajwid)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

Previous
Next Post »