Sifatul Huruf

1:34 PM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Sifatul Huruf - Secara lughoh (bahasa) adalah sifat-sifat dari huruf-huruf hijaiyyah. Secara lebih jelasnya yang dimaksud sifat adalah sesuatu yang berdiri pada sesuatu dengan memiliki arti. Seperti tangan putih, tangan hitam dan contoh lainnya, putih/hitam jadi sifat pada warna tangan, sebabnya bisa karena dipoles cat atau memang bawaannya. Sedangkan secara Istilah yaitu cara untuk melafalkan huruf ketika berposisi dalam makhroj pada lisan kita, seperti keras/lemas, kuat/lemah, tenang/cepat, atas/bawah, terbuka/tertutup dan lain-lain.



1. Nafas atau udara
اَلْهَمْسُ (Hams)
Hams menurut bahasa ialah halus. Sedangkan menurut istilah hams adalah mengalir/keluarnya nafas ketika mengucapkan huruf-huruf hams. Huruf hams jumlahnya ada 10, yaitu:
ف – ح – ث – ه – ش – خ – ص – س – ك – ت
Kesalahan sering terjadi pada huruf: ك, ت,ف yaitu sering diucapkan dengan tidak mengalirkan nafas.
اَلْجَهْرُ (Jahr)
Jahr menurut bahasa adalah jelas. Sedangkan menurut istilah jahr adalah tertahannya aliran/hembusan napas ketika mengucapkan huruf, karena kuatnya tekanan terhadap makhraj huruf tersebut. Huruf jahr itu ada 18 huruf, yaitu:
ع – ظ – م – و – ز – ن – ق – ا – ر – ء – ذ – ي – غ – ض – ج – د – ط – ل – ب
Kesalahan sering terjadi pada huruf : ذ – ج – ز – ظ . Pengucapannya sering disertai dengan desisan nafas. Kesempurnaan pengucapannya dengan tertahannya nafas.

2. Suara
اَلشِّدَّةُ (Syiddah)
Syiddah menurut bahasa ialah kuat. Sedangkan menurut istilah syiddah ialah tertahannya suara ketika mengucapkan huruf, karena makhraj huruf tersebut ditekan dengan sempurna/sangat kuat. Huruf-huruf syiddah ada 8 huruf, yaitu:
ء – ج – د – ق – ط – ب – ك – ت
Kesalahan sering terjadi pada huruf أ dan huruf ب ج د ط ق (huruf qolqolah).
اَلرَّخَاوَةُ (Rakhawah)
Rakhawah menurut bahasa ialah lembut. Sedangkan menurut istilah rakhawah adalah berjalannya (tidak tertahan) suara ketika mengucapkan huruf karena lemahnya tekanan terhadap makhraj huruf tersebut. Huruf-huruf rakhawah ada 16 huruf, yaitu:
خ – ذ – غ – ث – ح – ظ – ف – ض – ش – و – ص – ز – ي – س – ا – ه
Kesalahan sering muncul atau terjadi karena suara sering mantul, tertahan atau tertekan.
Antara sifat syiddah dan rakhawah ada sifat huruf pertengahan yang dinamakan اَلتَّوَسُطُ (Tawassuth).
اَلتَّوَسُّطُ (Tawassuth)
Tawassuth menurut bahasa ialah sedang. Sedangkan menurut istilah tawassuth adalah pertengahan suara saat mengucapkan huruf, (yakni) antara tertahannya suara seperti dalam huruf-huruf syiddah dan berjalannya suara seperti dalam huruf-huruf rakhawah.
Adapun huruf-huruf tawassuth jumlahnya ada lima huruf, yaitu:
ل – ن – ع – م – ر
Adapun cara pengucapan tawassuth adalah pertengahan antara tertahan dan tidak tertahannya suara.

3. Pangkal Lidah
اَلْإِسْتِعْلاَءُ (Isti’la)
Isti’la menurut bahasa adalah terangkat. Sedangkan menurut istilah, isti’la adalah terangkatnya pangkal lidah ke langit-langit atas ketika mengucapkan huruf-huruf isti’la. Huruf-huruf isti’la berjumlah 7, yaitu:
خ – ص – ض – غ – ط – ق – ظ
اَلْإِسْتِفَالُ (Istifal)
Istifal menurut bahasa adalah merendah. Sedangkan menurut istilah istifal ialah menurunnya pangkal lidah dari langit-langit (tetap berada di bawah) ketika mengucapkan huruf-huruf istifal.
Huruf istifal itu ada 22 huruf, yaitu:
ث – ب – ت – ع – ز – م – ن – ي – ج – و – د – ح – ر – ف – ه – ء – ذ – س – ل – ش – ك – ا

4. Lidah dengan langit-langit
اَلْإِطْبَاقُ (Ithbaq)
Ithbaq menurut bahasa ialah menempel. Sedangkan menurut istilah ithbaq adalah: menempelnya lidah dengan langit-langit ketika mengucapkan huruf-huruf ithbaq. Huruf-huruf ithbaq itu ada empat, yaitu (ص – ض – ط – ظ (صَضْطَظَ)
اَلْإِنْفِتَاحُ (Infitah)
Infitah menurut bahasa adalah terbuka. Sedangkan menurut istilah, infitah adalah terbukanya apa yang ada di antara lidah dan langit-langit atas, sehingga keluar angin dari antara keduanya. Huruf-huruf infitah jumlahnya ada 25 huruf, yaitu:
م – ن – ء – خ – ذ – و – ج – د – س – ع – ت – ف – ز – ك – ا – ح – ق – ل – ه – ش – ر – ب – غ – ي – ث
مَنْ أَخَذَ وَجَدَ سَعَةً فَزَكَا حَقٌّ لَهُ شُرْبُ غَيْثٍ(Belajar Tajwid)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

Previous
Next Post »